Sejarah Email
Surat elektronik sudah mulai dipakai
di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah
kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan. Konsep e-mail sendiri
pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir
tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN)
milik lembaga pertahanan Amerika. Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah
program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada
sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca
pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan
file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim
pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal
terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan
merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”. Pada tahun 1972,
Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan
domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.
PENGERTIAN EMAIL
Surat elektronik (disingkat ratel
atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama
umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel)
adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa
umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko),
tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk
membayar sambungan Internet.
KELEBIHAN PENGGUNAAN EMAIL
- Nyaman
Untuk mengirim surat tidak perlu ke
kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik
pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim
melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant
Data). Cepat Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan
dunia manapun. Murah Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan
penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke
luar daerah atau luar negeri. Hemat sumber daya Kita tidak perlu membeli
kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan
ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
- Global
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
KELEMAHAN PENGGUNAAN E-MAIL
1. Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
1. Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
2. Pemalsuan identitas
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
3. Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
4. Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
5. Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
3. Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
4. Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
5. Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
ISTILAH
DALAM EMAIL
Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :
1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9. Sent : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11. Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.
Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :
1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9. Sent : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11. Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar